Efek Negatif Bermain Game

Tidak ada komentar 84 views

Efek Negatif Bermain Game – Game diciptakan sebagai alternatif hiburan. Sayangnya aplikasi ini juga memiliki dua sisi yang belainan. Selain memiliki sisi positif yaitu menghibur namun sisi negatifnya lebih banyak. Selain mempengaruhi tumbuh kembang anak-anak, bermain game juga bisa mengurangi produktivitas seseorang. Apalagi jika sudah dalam taraf kecanduan produktivitas kerja bisa berkurang. efek negatif bermain game meliputi masalah fisik dan psikis. Selain itu gangguan interaksi sosial juga bisa anda dapati.

Efek Negatif Bermain Game

Efek Negatif Bermain Game

Memang bermain game tidak sepenuhnya dilarang namun anda mesti memperhitungkan porsinya dalam bermain. Jangan sampai hanya lewat game anda akan mendapatkan berbagai masalah mulai dari gangguan kesehatan, gangguan psikis hingga gangguan hubungan anda dengan oranglain. Kenali dan pahami terlebih dulu apa saja efek negatif bermain game yang akan diulas berikut ini, sehingga anda bisa mengantisipasi agar tidak sampai kecanduan akut.

Berbagai Efek Negatif Bermain Game

  1. Depresi

Efek adiktif game memang sangat besar. bahkan efeknya mampu membuat penggunanya terkena depresi. Jika tidak bermain game sehari saja, rasanya ada sesuatu yang mengganjal dan membuatnya gelisah. Ini merupakan tanda-tanda kecanduan akut dan jika dijauhkan dalam waktu lama akan membuat seseorang menjadi depresi dan lebih emosional.

  1. Stress

Dampak negatif lainnya masih seputar psikis salah satunya adalah stress. Seringkali kita melihat game yang memberikan kompetisi. Pemain akan mencari berbagai cara untuk memenangkan kompetisi tersebut. jika tidak berhasil imbasnya bisa berupa stress. Anehnya lagi jika sudah dalam tahapan stress, mereka justru melampiaskannya dengan bermain game tersebut dan melupakan waktunya.

  1. Arthritis dan Carpal Tunnel Syndrome

Arthristis merupakan penyakit kelainan sendi seperti peradangan. Dan Tunnel Syndrome adalah penyakit tekanan pada pergelangan tangan. Terlalu sering bermain game akan menyebabkan kedua masalah tersebut. jika dibiarkan begitu saja akan menyebabkan dampak yang lebih buruk. Bahkan kelainan sendi akut bisa anda dapatkan jika terlampau sering bermain game.

  1. Menderita berbagai masalah kesehatan akut

Selain penyakit radang sendi, anda juga bisa menderita berbagai masalah kesehatan akut dari dampak buruk bermain game. Mulai dari sakit mata karena terlalu lama menatap PC atau mudah lelah. walaupun bermain game tidak terlalu menguras fisik namun kelelahan akut bisa anda dapati. Selain itu insomnia, agresif dan berbagai masalah kesehatan juga mengancam anda yang terlalu sering bermain game.

  1. Hubungan sosial memburuk

Hubungan sosial semakin memburuk karena kita lebih sering menatap layar gadget dibandingkan interaksi dengan oranglain. Dampak ini memang tidak hanya berlaku bagi yang kecanduan game saja namun juga untuk kasus kecanduan smartphone. banyak orang yang anti sosial atau phobia sosial berawal dari kesenangannya bermain game. Mereka serasa memiliki dunianya sendiri dan melupakan dunia sekitar yang sebenarnya jika sudah bermain game.

Dengan mengetahui berbagai dampak buruk game tersebut anda tentunya bisa lebih dewasa dalam membagi waktu antara bermain game dan aktivitas lainnya. Semoga bermanfaat.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Efek Negatif Bermain Game"