Cara Menghemat Penggunaan RAM di Android

Tidak ada komentar 90 views

Cara Menghemat Penggunaan RAM di Android – Smartphone Android memang memiliki berbagai keunggulan tersendiri. Namun sayangnya masih ada beberapa kekurangan yang dianggap tidak memuaskan para penggunanya. Salah satunya adalah penggunaan RAM Android yang dirasa sangat boros. Karena itulah, sebagai pengguna yang bijak sudah sepantasnya mengelola penggunaan RAM agar lebih hemat.

Cara Menghemat Penggunaan RAM di Android

Mungkin untuk ponsel pintar ada yang telah mengandalkan spesifikasi RAM mumpuni. Dimana dihadirkan dengan kapasitas RAM yang tangguh dan begitu besar, sehingga mampu memberikan ruang menyimpan mencukupi. Kendati demikian, bagi pengguna ponsel yang minim RAM setidaknya bisa mengemat RAM di Android seperti ulasan berikut ini.

Tips Menghemat Penggunaan RAM di Android

1.Kurangi Aplikasi yang Berjalan Di Background

Aplikasi yang berjalan pada background memang menjadi salah satu permasalahan besar. Terkadang aplikasi tersebut berhubungan dengan sosial dan messenger seperti Facebook, FB Messenger, LINE, WhatsApp, BBM, WeChat, Instagram, dan masih banyak lagi yang lainnya. Apabila semua aplikasi tersebut berjalan, memungkinkan akan mampu menjadikan ponsel pintar serasa lebih lambat.  Sebaiknya anda melakukan force stop pada aplikasi atau menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan lagi.

  1. Install Aplikasi Yang Berguna

Mungkin anda yang memiliki Smartphone dengan Space RAM dibawah 1 GB, maka tidak perlu menginstall banyak aplikasi. Apabia anda menginstall banyak aplikasi dan beberapa aplikasi anda jalankan secara bersamaan dapat dipastikan Android akan serasa berat dan lemot. Ada baiknya, anda hapus aplikasi yang dirasa tidak begitu penting. Sementara untuk komunikasi gunakan akses messenger alternatif yang banyak digunakan, seperti BBM atau WhatsApp.

  1. Hapus Sosial Media dan Ganti Browser

Anda tidak hanya menonaktifkan aplikasi, sebaiknya juga menggunakan Browser untuk bisa bermain sosial media seperti Facebook, Twitter, dan lainnya. Pasalnya situs web tersebut bisa dibuka lewat browser, maka anda tidak perlu menginstall aplikasi. Hanya cukup dengan membuka melalui browser maka anda bisa menghemat kebutuhan RAM. Beberapa aplikasi Browser cepat bisa anda coba, yakni UC Browser, Google Chrome, Opera Mini, dan lainnya.

  1. Sediakan Memori Bebas 30%

Meskipun anda tetap dalam kondisi normal dan lancar dalam membuka aplikasi, paling tidak sediakan space RAM minimal 30% supaya Android tidak mudah LAG, lemot, ataupun macet. Hal tersebut akan menjadi solusi terbaik dalam membatasi kebutuhan RAM Android. Anda bisa memanfaatkan aplikasi Clean Master untuk melihat kebutuhan RAM dari aplikasi – aplikasi yang anda jalankan agar bisa lebih maksimal dalam bekerja.

  1. Matikan Android Secara Berkala

Smartphone Android tentunya membutuhkan istirahat, untuk mengindari panas, RAM penuh, dan macet, sebaiknya matikan smartphone Android anda dan diamkan supaya bisa istirahat. Di samping itu, mematikan Android secara berkala akan membuat kinerja smartphone semakin optimal. Selain mematikan Android sebaiknya pula, anda membersihkan file cache Android. Beberapa diantaranya seperti Clean Master, CCleaner, 1 Tap Cleaner, dan masih banyak lagi.

Itu dia ulasan singkat mengenai Cara Menghemat Penggunaan RAM di Android. Semoga saja dapat bermanfaat bagi anda semua. Sekian dan terima kasih.

 

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Cara Menghemat Penggunaan RAM di Android"